MACAM-MACAM PORT DALAM JARINGAN

Assalamu'alaikum Wr.wb


Kali ini saya akan membahas tentang Macam-Macam Port Dalam Jaringan.








     Fungsi port dalam komputer pada umumnya menjadi suatu penghubung yang memiliki peran penting.


  • Port fisik adalah port yang kita ketahui secara luas. Port fisik dapat dilihat dan dirasakan secara fisik. Fungsi utama dari port fisik, untuk melakukan penghubungan dua atau lebih komponen yang nyata secara fisik. Contohnya menghubungkan antara komputer dengan server dengan kabel, atau pun perangkat lainnya.
  • Port logic merupakan jenis port yang tidak dapat terlihat secara fisik, dan tidak dapat dipegang atau diraba. Tetapi port logic ini juga memiliki fungsi yang sama unutk saling menghubungkan antara perangkat melalui protokol atau pun melalui media lainnya.
Berikut ini adalah beberapa port logic yang terdapat dalam jaringan, yaitu:
1. Port 21
    Port ini digunakan untuk mengkoneksikan FTP server. FTP merupakan singkatan dari File Transmission Protocol, yang merupakan protokol standar yang digunakan dalam hal berbagi file, yang banyak digunakan pada jaringan konektivitas LAN.

2. Port 22
    Merupakan port yang digunakan untuk mengaktifkan SSH atau Secure Shell pada jaringan komputer.

3. Port 23
   Sering dikenal dengan Telnet, karena port ini membantu setiap komputer dapat saling terhubung dengan menggunakan basis protocol telnet. Telnet sendiri merupakan kependekan dari Telecommunication Network, yang memungkinkan sebuah jaringan atau koneksi jaringan dibangun (established) secara remote.

4. Port 25
    Berperan untuk menghubungkan dan membangun sebuah network atau jaringan yang menggunakan protokol SMTP. SMTP merupakan kependekan dari Simple Mail Transfer Protocol, yang merupakan salah satu protocol yang digunakan untuk berkirim email antar jaringan.

5. Port 37
   Layanan waktu, port built-in untuk layanan waktu.

6. Port 2525
    Fungsi nya sama seperti port 25. Port 2525 untuk menghubungkan komputer atau client yang akan saling berkirim pesan atau email yang menggunakan protokol SMTP dalam proses transmisinya.

7. Port 110
    Sama seperti port 25 dan 225. Port ini memiliki kepentingan dalam surat menyurat secara elektronik atau email. Bedanya port ini melayani konektivitas jaringan yang menggunakan protocol POP3 atau Post Office Protocol ataupun IMAP4 (Internet Message Access Protokol).

8. Port 119
 Berperan untuk mengakses dan membangun sebuah jaringan yang terhubung dengan NNTP Server, yang merupakan sebuah protocol yang terhubung dengan sebuah server news atau berita di dalam suatu jaringan.

9. Port 389
   Merupakan port yang melayani koneksi LDAP atau Directory Access Protocol. LDAP merupakan sebuah protokol yang banyak digunakan untuk melakukan akses terhadap direktori atau nama, serta telepon dan juga alamat.

10. Port 3389
    Merupakan port logic didalam jaringan komputer yang dikhususkan untuk melakukan remote desktop. Namun demikian, spesialisasi dri port ini dalam melakukan remote desktop hanya terdapat pada WinX saja.

11. Port 443
    Merupakan port yang digunakan untuk menjalankan sebuah server yang aman atau SSL (Secure Server Layer).

12. Port 445
     Merupakan salah satu port yang banyak digunakan sebagai file sharing.

13. Port 79
      Port Finger, digunakan untuk memberikan informasi tentang sistem dan login pengguna.

14. Port 80
     Merupakan port yang banyak digunakan sebagai port dalam mengkoneksikan web server. Web server sendiri merupakan sebuah server yang dibangun untuk memenuhi kebutuhan sebuah website atau situs tertentu.

15. Port 81
       Merupakan alternative dari port 80. Secara fungsional dan juga kegunaan, port ini merupakan port yang digunakan untuk menghuubungkan web server atau membangun sebuah jaringan yang langsung berhubungan dengan web server. 

16. Port 512
      (UDP) biff, protokol untuk mail pemberitahuan.

17. Port 514 
      (UDP), hanya digunakan untuk tujuan logging remote.

18. Port 515
      Ip atau mencetak port server.

19. Port 143
      Merupakan aplikasi yang memungkinkan kita membaca email yang berada di server dari komputer dirumah atau dikantor kita.

20. Port 10000
       Webmin, merupakan port yang digunakan oleh webmin dalam layanan pengelolaan berbasis web.

Demikian dari saya. Kurang lebihnya mohon maaf.
Wassalamu'alaikum Wr.wb

1 komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.