OSI LAYER

Assalamu'alaikum Wr.Wb

Haiii semuanya!! Kali ini saya akan membahas tentang Osi Layer.



Osi layer adalah sebuah model arsitektural jaringan yang dikembangkan oleh badan Internasional Organization For Standardization (ISO) di Eropa pada tahun 1977. Osi sendiri merupakan singkatan dari  Open System Interconnection.


Osi memiliki 7 lapisan, yaitu:


1. Physical

      Berfungsi untuk mendefinisikan media transmisi jaringan, metode pensinyalan, sinkronasi bit, arsitektur jaringan, topologi jaringan dan pengkabelan.

2. Data Link

      Berfungsi untuk menentukan bagaimana bit-bit data dikelompokkan menjadi format yang disebut sebagai frame.

3. Network

     Berfungsi untuk mendefinisikan alamat-alamat  IP, membuat header untuk paket-paket dan kemudian melakukan routing melalui internetworking dengan menggunakan router dan switch layer-3.

4. Transport

      Berfungsi untuk memecah data kedalam paket-paket data serta memberikan nomor urut ke paket-paket tersebut sehingga dapat disusun kembali pada sisi tujuan setelah diterima.

5. Session 

      Berfungsi untuk mendefinisikan bagaimana koneksi  dapat dibuat, dipelihara, atau dihancurkan.

6. Presentation

      Berfungsi untuk mentranslasikan data yang hendak ditransmisikan oleh aplikasi kedalam format yang dapat ditransmisikan melalui jaringan.

7. Application

      Berfungsi sebagai antarmuka dengan aplikasi dengan fungsionalitas jaringan, megatur bagaimana apliasi dapat mengakses jaringan, dan kemudian membuat pesan-pesan kesalahan.


Demikian penjelasan dari saya. Kurang lebihnya mohon dimaafkan.

Wassalamu'alaikum Wr.Wb

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.