Konfigurasi Mail Client dengan Windows Mail Windows Server 2012

Assalamu'alaikum Wr.Wb.


Selamat malam!!! Dikesempatan kali ini saya akan membahas mengenai Konfigurasi Mail Client dengan Windows Mail Windows Server 2012. Sejujurnya ini masih merupakan kelanjutan dari postingan saya yang sebelumnya. Sebelum mempraktekan postingan ini, kalian harus konfigurasi untuk mail server serta usernya terlebih dahulu..

Karna pada Windows Server tidak ada Windows Mail, maka dari itu disini saya install manual. Disini saya menggunakan Windows Live Essential 2009 yang didalamnya terdapat beberapa aplikasi termasuk Windows Mail.


Instalasi Windows Mail:

 1. Jalankan installer Windows Live yang sudah Anda unduh terlebih dahulu sebelumnya, maka nanti akan muncul Lisensi agreement, klik Accept untuk menyetujui.



 2. Disini karena yang dibutuhkan hanyalah fitur mail nya saja, maka Anda dapat memberi tanda ceklis hanya pada fitur mail saja.



 3. Tunggu hingga proses instalasi selesai.



 4. Lalu akan muncul tampilan seperti gambar yang ada dibawah ini. Klik saja continue.



 5. Proses install selesai, klik Close.



Konfigurasi:

 1. Jalankan aplikasi Windows Mail yang sudah Anda instal.




 2. Pada Email Address isikan email dari user yang telah dibuat pada HMailServer, kemudian masukan passwordnya pada kolom Password, untuk Display Name itu bebas apa saja namanya, setelah itu beri centang pada Manually configure server settings for e-mail account.



 3. Pada incoming mail server pilih IMAP, kemudian dibawahnya isikan address dari server mail. Pada Login ID isikan dengan email dari user yang dibuat di HMailServer, dan pada Outgoing Server isikan pula dengan ip address dari server mail.



 4. User pertama berhasil di tambahkan, sekarang tambahkan pula user kedua. Caranya klik Add e-mail account pada bagian kiri. Untuk penambahan usernya caranya sama saja seperti user yang pertama tadi.



 5. Ini pun sama seperti user pertama.



 6. Sekarang kita coba untuk mengirim pesan. Pilih salah satu user Anda yang akan digunakan sebagai pengirim dan penerima. Klik New untuk mencoba mengirim pesan. Masukkan alamat dari user yang menerima pesan, subjek, beserta isi dari pesan tersebut. Kemudian, klik Send untuk mengirim.



 7. Coba kalian lihat pada user yang menerima pesan, apakah pesan yang baru Anda kirim sampai atau tidak. Jika berhasil, maka pesan tersebut akan sampai dan Anda dapat melihat apa isi dari pesan tersebut.



Sekian dari saya, kurang lebihnya mohon maaf. Jika ada kesalahan mohon diberitahu. Saran dan kritik Anda akan sangat membantu. Terima kasih.

Wassalamu'alaikum Wr.Wb 

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.