Konfigurasi Mail Client dengan Squirrelmail Windows Server 2012

Assalamu'alaikum Wr.Wb.


Pada kesempatan kali ini saya akan membahas mengenai Konfigurasi Mail Client dengan Squirrelmail. Ini merupakan lanjutan dari postingan saya yang sebelumnya. Sebaiknya sebelum Anda mengikuti langkah-langkah dari postingan ini, Anda melihat terlebih dahulu postingan saya yang sebelumnya untuk membuat akun user. Anda dapat melihatnya dengan mengklik link ini.


Konfigurasi:

 1. Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah mengunduh file zip Squirrelmail, kemudian mengekstraknya. Disini saya mengekstrak file zip tersebut pada Local Disk C.



 2. Masuk ke folder Config yang terletak didalam folder hasil Extarct Squirrelmail, kemudian rename file config_default.php menjadi config.php. Kemudian, edit file tersebut dengan Notepad++. Jika Anda menggunakan Notepad bawaan dari Windows, itu sedikit lebih sulit, membingungkan, dan membuat terlihat berantakan.





 3. Cari script $org_name = "SquirrelMail"; kemudian ubah SquirrelMail menjadi nama anda atau terserah anda diubah menjadi apa saja. Ini digunakan hanya sebagai penamaan saja.



 4. Cari script $domain, kemudian atur valuenya menjadi nama root domain kalian.



 5. Cari script $smtpServerAddress, kemudian atur valuenya menjadi IP Address dari server mail Anda.



 6. Cari script $imapServerAddress, atur valuenya menjadi IP Server Mail Anda.



 7. Ada lagi pada baris $imap_auth_mech, atur valuenya menjadi login.



 8. Kemudian cari script $data_dir, atur letaknya di C:\Squirrelmail\data.



 9. Dan terakhir pada baris $attachment_dir, atur letaknya di C:\Squirrelmail\Attachment. Jika sudah, save file tersebut.



 10. Buat directory Data dan Attachment, atur letak directory tersebut sesuai dengan apa yang sudah ditentukan pada baris  $data_dir dan $attachment_dir pada file config.php tadi.




 11. Sekarang copykan folder Squirrelmail-webmail kedalam direktori C:\xampp\htdocs. Rename folder tersebut menjadi squirrelmail, agar mempermudah Anda nanti pada saat penulisan untuk mengakses Squirrelmail nya. Pastikan juga didalam folder squirrelmail tersebut terdapat file config.php yang telah dikonfigurasi tadi.





 12. Jalankan Xampp kemudian klik Start pada program Apache dan juga MySQL nya.



 13. Untuk melakukan percobaan, Anda dapat mencoba mengakses Squirrelmail Anda tersebut melalui browser client Anda. Akses dengan mengetikkan localhost/squirrelmail/src/login.php. Tetapi Anda juga dapat mengetikkannya hanya sampai /squirrelmail saja. Maka jika berhasil, akan muncul tampilan dari halaman login Squirrelmail Anda. Login dengan salah satu akun user yang sudah dibuat pada postingan sebelumnya.



 14. Lakukan percobaan mengirim pesan ke user yang lainnya melalui Squirrelmail. Klik Compose untuk memulai menulis pesan baru.



 15. Isi pada bagian To adalah alamat dari penerima pesan, Anda juga dapat menambahkan subject untuk mengirim pesan. Jangan lupa masukkan isi dari pesan Anda. Setelah selesai, klik Send.



 16. Cek pada user yang berperan sebagai penerima pesan. Masuk ke akun user penerima pesan Anda tersebut melalui Squirrelmail.



 17. Jika berhasil, maka akan muncul pemberitahuan bahwa terdapat pesan baru yang masuk. Anda dapat mengklik pesan tersebut untuk melihat isi dari pesan tersebut.




Sekian dari saya, kurang lebihnya mohon maaf. Jika ada kesalahan mohon diberitahu. Saran dan kritik Anda akan membantu. Terima kasih.

Wassalamu'alaikum Wr.Wb.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.